07:45
0
     Jawa timur adalah salah satu wilayah pengrajin batik terkemuka diindonesia, salah satunya adalah siduarjo. Menurut sejarah, batik tulis tradisional di Sidoarjo ini berpusat di Jetis sejak tahun 1675. Batik ini mula-mula diajarkan oleh Mbah Mulyadi yang konon merupakan keturunan raja Kediri yang lari ke Sidoarjo. Bersama para pengawalnya, Mbah Mulyadi mengawali berdagang di PASAR KAGET yang kini dikenal dengan nama PASAR JETIS.
     Seiring dengan perkembangan penduduk, serta kian ramainya perdagangan di Pasar Jetis, kawasan ini banyak didatangi para pedagang dari luar daerah, terutama pedagang asal MADURA. Para pedagang Madura ini sangat menyukai batik tulis buatan warga Jetis. Namun sayang, perkembangan Batik Jetis pada waktu itu tidak ada generasi yang mau melanjutkan perkembangan usaha ini.
berikut adalah gambar proses pembuatan batik siduarjo :

Hasil Jadi Dari Batik Siduardjo
Batik-batik yang telah selesai dibuat siap dipasarkan, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)
Bahan kain yang telah dipersiapkan direndam selama 2 hari dengan menggunakan tepung kanji plus minyak kacang agar bahan tidak menyusut, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (Liputan 6)
Bahan kain yang telah dipersiapkan direndam selama 2 hari dengan menggunakan tepung kanji plus minyak kacang agar bahan tidak menyusut, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)
Bahan kain kemudian dibentuk atau disketsa sesuai dengan motif. Usai disketsa kemudian dicanting, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (Liputan 6)
Bahan kain kemudian dibentuk atau disketsa sesuai dengan motif. Usai disketsa kemudian dicanting, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)
Kain hasil cantingan kemudian direbus dalam air mendidih agar sisa lilin pada proses canting menghilang lalu dijemur. Penjemuran dilakukan di tempat yang teduh, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan 6)
Kain hasil cantingan kemudian direbus dalam air mendidih agar sisa lilin pada proses canting menghilang lalu dijemur. Penjemuran dilakukan di tempat yang teduh, Sidoarjo, Jawa Timur
Tahapan selanjutnya dalam pembuatan batik Sidoarjo adalah dikemplong atau distrik, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan 6)
Tahapan selanjutnya dalam pembuatan batik Sidoarjo adalah dikemplong atau distrik, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)
Dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi saat proses pewarnaan. Tampak seorang pembatik sedang melakukan proses pewarnaan, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan 6)
Dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi saat proses pewarnaan. Tampak seorang pembatik sedang melakukan proses pewarnaan, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)
Batik-batik yang telah selesai dibuat siap dipasarkan, Sidoarjo, Jawa Timur (Liputan6.com)

Source : http://photo.liputan6.com/lifestyle/uniknya-proses-pembuatan-batik-khas-sidoarjo-2196476 dengan perubahan

Dapatkan batik kahas daerah hanya di Gallery Batik Indonesia 

0 comments:

Post a Comment

Tambahkan Komentar anda