Jawa Tengah adalah salah satu bagian  Provinsi di Indonesia yang terletak di pulau jawa. Ibu Kota Jawa tengah adalah kota semarang. Provinsi ini adalah provinsi yang paling pada penduduknya ke-tiga di indonesia setelah jawa barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah juga merupakan konsep budaya yang mencakup Daerah Istimewa dan Kota Yogyakarta serta Provinsi Jawa Tengah.
Dengan sumber daya manusia yang banyak Jawa Tengah juga memiliki beberapa kesenian dan kerajinan yang terkenal seperti batik khas Jawa Tengah dan mempunyai motif dan ciri khas tersendiri, diantaranya :  

1. Batik Solo
Ciri khas yang terdapat pada batik Solo adalah perpaduan dari bentuk-bentuk geometris yang berukuran kecil-kecil terletak dalam pewarnaannya. Ragam motif batik asal Solo memang dipengaruhi dengan makna-makna simbolis yang berasal dari kebudayaan Hindu. Beberapa ciri khas batik Solo banyak ditemukan pada motif-motif seperti, sawat, meru, naga, burung, dan modang.

Batik Solo

2. Batik Pekalongan
Ciri khas batik Pekalongan adalah memiliki warna dan corak khas dan dimodifikasi dengan banyak variasi warna yang atraktif. Batik Pekalongan memiliki corak serta komposisi warna yang lebih kaya. Motifnya kebanyakan bernuansa Pesisir. Misalnya, motif bunga laut dan bintang laut.

 
Batik Pekalongan
3. Batik jogja
Ciri khas dari batik Yogyakarta adalah dari latar atau warna dasar kain. Warna dasar kain batik Jogja ada dua macam, yaitu warna putih dan hitam, sedangkan warna batik bisa berwarna putih, biru tua kehitaman, dan cokelat soga. Ragam motif batik Yogyakarta sangat banyak dan semuanya sangat indah, mulai dari motif bunga, tumbuhan air, tumbuhan menjalar, satwa, dan lain-lain.

http://gallerybatikindonesia.blogspot.com/2015/03/batik-khas-jawa-tengah.html
untuk membelinya tiperlu harus kejawa tengah loh sekarang batik asli hadir di ITC Kuningan jakarta
untuk lihat lihat bisa juga buka website http//:galerybatikindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

Tambahkan Komentar anda